Pentingnya Pendidikan Untuk Melatih Pola Pikir Manusia

Salah Satu Penyakit Matinya Kemampuan Intelektual Yang Banyak Terjadi

Banyak orang kadang berpikir, untuk apa sekolah dan belajar berbagai macam pelajaran, seperti matematika yang memiliki berbagai rumus, aljabar dan lain-lain. Pelajaran fisika yang sangat rumit, mempelajari grafitasi, volume air, dan banyak lagi, belajar kimia dengan berbagai senyawa yang dimiliki dan menghafal tabel periodik. Sedangkan di kebidupan sehari-hari, kita belum tentu berhadapan dengan berbagai kasus seperti itu. Apalagi kalau kita sudah tahu ingin menjadi apa kedepan, dan pekerjaan kita di kedepan tidak ada membahas pelajaran-pelajaran itu.

Pentingnya Pendidikan Untuk Melatih Pola Pikir Manusia

Kadang sebagai siswa atau murid, kadang berpikir kalau begitu untuk apa mempelajari semua hal itu. Mempelajari sampai belasan mata pelajaran. Dan dituntut harus memiliki nilai yang bagus, yang setidaknya lewat dari standar kelulusan. Dan nantinya itu akan di total dan menjadi nilai kita atau standar kita dalam masuk universitas atau mencari pekerjaan. Padahal belum tentu beberapa mata pelajaran yang kita pelajari itu bersangkutan dengan jurusan perkuliahan yang kita ambil, atau pekerjaan yang kita lamar nantinya.

Dan jika beberapa mata pelajaran itu kita memiliki nilai rendah, ataupun tidak lulus, itu sangat mempengaruhi masa depan kita. Atau mempengaruhi masuk atau tidak nya kita di universitas yang kita impikan. Atau pekerjaan yang kita dambakan. Pasti rasanya tidak adil. Sehingga banyak yang mempertanyakan itu. Walaupun pada akhirnya saat SMA katakanlah, akan di bagi perjurusan. Jurusan IPA, IPS, Bahasa. Tapi tetap saja ada beberapa pelajaran yang kita pelajari belum tentu akan kita pakai di pekerjaan kita kelak atau kehidupan sehari-hari. Awalnya pun saya berpikir seperti itu.

Sekolah, belajar dengan giat. Berusaha mendapatkan nilai yang bagus di setiap pelajarannya. Masuk penjurusan IPA saat SMA, dan kuliah mengambil fashion design. Rasanya sangat jauh. Sehingga tidak berarti apa yang pelajari saat kuliah. Tapi ternyata tidak. Saya baru memahami. Ternyata itu penting. Walaupun tidak di pakai sehari-hari. Tapi kadang kita akan bertek-tokan dengan hal itu. Dan pelajaran-pelajaran itu semua ternyata berpengaruh pada pola pikir kita. Melatih bagaimana kita berpikir dan memecahkan sebuah masalah. Jadi penting ternyata belajar semua hal itu.