Membalas Dendam Tidak Akan Membuat Akar Masalah Selesai

Belajar Untuk Rendah Hati Dan Berani Menghadapi Masalah

Hidup dengan menyimpan dendam, tidak akan pernah membuat diri anda tenang. Malah hanya akan menyakiti diri anda sendiri. Membalas dendam tidak akan mengembalikan waktu. Dan kalaupun dendam anda tersampaikan. Apa yang akan lakukan setelahnya? Apakah ada perasaan lega? Mungkin lega sesaat, tapi tetap akan meninggalkan jejak di hidup anda. Dan itu malah akan membuat rasa benci dan anda malah menyiksa diri anda sendiri.

Membalas Dendam Tidak Akan Membuat Akar Masalah Selesai

Balas dendam adalah dampak dari suatu perasaan emosi dan amarah. Dan bisa dikatakan itu adalah hasil dari pikiran pendek saat marah. Seperti suatu kesimpulan yang anda ambil sepihak di keadaan marah, dan menyimpannya sebagai kesimpulan yang anda bawa terus-menerus. Tanpa berpikir panjang. Tanpa tahu alasan kenapa, bagaimana, apa, mengapa. Dan anda dengan pikiran anda sendiri mengambil keputusan sendiri yang malah memberatkan anda di sepanjang hidup anda.

Hidup dengan membenci seseorang, hidup dengan perasaan amarah pada seseorang. Itu tidak akan mengubah apa pun. Tidak dapat mengulang kejadian yang sama. Jadi balas dendam adalah suatu keputusan yang tergesa-gesa dan tanpa arah. Untuk apa menyimpan duri di dalam diri kita, dan itu malah menyakiti diri kita sendiri. Membalas dendam tidak akan pernah membuat akar permasalahan menjadi selesai. Bahkan balas dendam hanya akan memperpanjang akar kebencian.

Dan itu tidak akan ada habisnya. Cobalah untuk menjadi lebih tenang, dengan pikiran yang lebih tenang dan terbuka. Jangan memanjakan keegoisan diri kita. Karena semakin egois kita, semakin membuka cela untuk anda terluka. Berpikirlah dengan kepala dingin. Marah, kesal dan kecewa terhadap sesuatu atau seseorang, itu adalah hal yang wajar.

Tapi jika sudah menyimpan perasaan itu terlalu lama, dan anda larut akan itu, itu yang tidak wajar. Jangan biarkan perasaamu, emosimu mengontrolmu. Dirimu lah yang harusnya mengontrol semua perasaan dan pola pikirmu. Semua hal yang diselesaikan dengan tergesa-gesa tidak akan pernah maksimal hasilnya. Jadi jauhkanlah pikiran balas dendam, marah, benci terhadap sesuatu atau seseorang.