Poin Penting Yang Harus Diingat Untuk Kalian Yang Akan Merantau

Lakukanlah Sekarang Juga, Jangan Tunggu Atau Menundanya Terlalu Lama

Dalam hidup berdampingan dengan orang-orang, ada baiknya kita selalu menjaga attitude kita dan berusaha untuk tidak merepotkan orang lain. Karena menyimpan perasaan balas budi itu tidak enak loh. Seperti ada perasaan hutang kepada orang lain, tapi bukan materi. Jadi mau anda gantikan dengan bentuk materi atau bentuk barang fisik pun tidak akan lunas. Jadi selama kita bisa melakukannya sendiri, ya lakukan.

Poin Penting Yang Harus Diingat Untuk Kalian Yang Akan Merantau

Saat kita mulai memutuskan untuk merantau. Kita harus mengetahui, bahwa merantau tidak semudah itu. Ada banyak risiko dan anda harus siap akan itu. Jangan hanya memikirkan enaknya saat merantau. Seperti anda akan bebas, tidak ada yang akan mengatur anda harus melakukan ini itu. Bebas bangun jam berapa, tidak ada yang cerewet, dan bebas mau pulang jam berapapun. Merantau, tinggal sendiri bukan hanya soal itu.

Jika anda hanya berpikir akan hal itu sehingga anda semangat untuk merantau, maka rantau bukanlah tempat untuk kalian. Banyak orang yang merantau dengan pikiran dan niat hanya untuk bebas, pada akhirnya mereka tidak bisa bertahan disana. Dan pada akhirnya pulang ke kampung halaman. Merantau bukan soal kebebasan. Tapi bagaimana anda bisa mengatur diri anda, mendisiplinkan diri anda di saat tidak ada yang mengatur dan mengawasi.

Tetap pada jalur anda. Dan bijak dalam mengambil keputusan dan bertindak. Karena apa pun yang anda lakukan di luar sana, anda harus bisa mempertanggung jawabkannya. Lebih berpikir panjang sebelum melakukan apa pun. Anda sudah bukan anak kecil yang harus di atur, dan diingatkan terus menerus. Dengan diizinkannya kalian merantau oleh orang tua, berarti orang tua mempercayakan anda sudah cukup dewasa dalam mengatur dan memahami diri anda.

Jadi gunakan kesempatan dan kepercayaan orang tua itu sebaik mungkin. Jangan buat masalah jangan aneh-aneh. Pun anda melakukan masalah di luar sana, melakukan sesuatu yang berisiko, ya anda harus dengan dewasa mempertanggung jawabkannya. Jangan pulang membawa masalah dan meminta orang tua menyelesaikannya. Jadilah dewasa.